Peran Ternak Unggas dalam sektor Agribisnis di Era Industri 4.0

Oleh : Henricus Cahyo P., SPt. (Founder sentrabroiler.com)

Agribisnis merupakan salah satu sektor dalam perekonomian yang berbasis pada usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya. Kegiatan dalam sektor agribisnis meliputi salah satu atau keseluruhan dari kegiatan produksi, pengolahan hasil serta pemasaran. Salah satu yang termasuk di dalam sektor agribisnis adalah peternakan unggas. Berbagai produk dari peternakan unggas merupakan komoditi yang paling diminati untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan komoditi unggas kaya akan nutrisi dan harganya juga relatif  bisa dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat, 

Hewan-hewan unggas seperti ayam, bebek, burung, kalkun, mentok maupun angsa diternakkan untuk diambil daging maupun telurnya. Metode yang digunakan untuk beternak unggas juga bervariasi, ada yang menggunakan sistem ekstensif, semi intensif dan intensif. Masing-masing metode tentu juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi maka telah banyak dilakukan manipulasi-manipulasi tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan sisi positif dan mengurangi sisi negatif berbagai metode tersebut. 

Era industry 4.0 merupakan tantangan terhadap berbagai sektor, termasuk juga tantangan bagi sektor peternakan unggas. Digitalisasi teknologi merupakan salah satu hal yang tidak bisa ditolak untuk bisa menjawab tantangan tersebut. Supaya tidak tertinggal maka para peternak juga  harus mengikuti perkembangan jaman. Dalam hal ini para peternak unggas juga harus bisa mengakses dan mengupdate berbagai informasi maupun teknologi dalam jaringan internet. Dengan demikian petenak unggas akan bisa melakukan pengelompokkan sektor-sektor potensial. Mulai dari sektor pembibitan, pakan, budidaya dan pemasaran. Informasi teknologi dalam jaringan internet juga dapat memudahkan peternak dalam mengakses modal melalui perbankan maupun berbagai teknologi finasial yang ada. Dan terakhir, yang juga sangat penting ialah peternak unggas juga harus dapat membangun jejaring bisnis lewat internet. Karena jejaring lewat internet cakupan sangat luas, bisa nasional bahkan internasional. Dengan jejaring tersebut bisa tercapai banyak efisiensi, baik itu dalam hal logistik, produksi, transportasi, komunikasi serta pemasaran. Niscaya dengan dukungan penuh dari pemerintah serta tekad yang kuat dari para pelaku peternakan unggas di Indonesia maka era industry 4.0 akan menjadi sarana sukses bagi kita semua.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top